Liburan Yuk! Cek Ini 8 Tempat Wisata di Jabodetabek

Penampilan atraksi budaya Papua pada saat acara peresmian kembali Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Setelah melakukan revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah kembali dibuka untuk pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (20/11/2022). Antusiasme masyarakat terhadap pembukaan operasional destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah sangat baik. Hal ini terpantau dari data pembelian tiket secara online yang masuk sejak hari pertama diluncurkannya pembelian tiket online mulai tanggal 16 November 2022 sampai dengan hari ini telah memenuhi kuota 5.000 orang. Faisal Ramadhan/terkenal.co.id

terkenal.co.id –  Memasuki musim libur sekolah tentu menjadi momen yang bagus untuk mengajak putra-putri pergi ke tempat wisata untuk berlibur.

Anak sekolah dari jenjang SD sampai SMA mulai hari ini (26/6/2023) memasuki masa liburan genap semester 2023. Para anak sekolah libur panjang mulai dari 26 Juni hingga 8 Juli 2023. Momen libur panjang ini tentu pas untuk berjalan-jalan sekeluarga mengunjungi objek wisata.

Libur panjang anak sekolah ini tentu baiknya dimanfaatkan sesekali dengan mengunjungi objek-objek wisata. Simak rekomendasi objek wisata Jabodetabek yang bisa dikunjungi selama libur sekolah di bawah ini.

Tidak perlu berkunjung ke tempat-tempat yang jauh, di daerah Jabodetabek juga ada banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi untuk bertamasya sekaligus melepas penat. Akses transportasi ke tempat-tempat wisata tersebut juga memadai.

Apa saja tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi? Berikut ini merupakan beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di wilayah sekitar Jabodetabek beserta akses transportasi ke tempat wisatanya.

Objek Wisata di Jabodetabek Serta Cara Mengaksesnya

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata alam terkenal yang berada di Bogor, Jawa Barat. Berbagai aktivitas menyenangkan bisa dilakukan di tempat ini, seperti berjalan-jalan sambil melihat sejumlah flora yang indah sambil mendapatkan edukasi terkait tumbuhan tersebut.

Cara pergi ke Kebun Raya Bogor dari Jakarta cukup mudah. Bisa dengan menggunakan moda transportasi KRL commuter line lalu turun di Stasiun Bogor. Setelah sampai di Stasiun Bogor, para pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online untuk mencapai Kebun Raya Bogor.

2. Taman Margasatwa Ragunan

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi saat memasuki waktu libur sekolah adalah Taman Margasatwa Ragunan yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung di masa-masa liburan. Taman Margasatwa Ragunan menawarkan wisata edukasi dimana pengunjung bisa berkeliling sambil mendapatkan penjelasan dari para tour guide mengenai fakta-fakta serta asal muasal hewan yang berada di taman margasatwa tersebut.

Untuk sampai kesini, para pengunjung bisa menggunakan KRL atau TransJakarta. Para pengunjung bisa menggunakan KRL lalu turun di Stasiun Tanjung Barat, lalu dilanjutkan dengan transportasi JakLingko atau ojek online hingga mencapai lokasi Taman Margasatwa Ragunan.

3. Taman Wisata Mangrove Angke

Meski lokasinya masih di Jakarta, tetapi tempat gambaran tempat ini ibarat sisi lain Kota Jakarta, yang selama ini terkenal akan kepadatan lalu lintas serta bangunan-bangunan bertingkatnya. Taman Wisata Mangrove Angke merupakan tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan indah laut dan hutan mangrove.

Untuk mencapai tempat wisata yang terletak di wilayah Jakarta Utara ini cukup mudah. Para pengunjung bisa ke Taman Wisata Mangrove Angke dengan menggunakan TransJakarta dari Halte Monas dengan rute 1A hingga mencapai Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

4. Monas

Monumen Nasional atau yang biasa disingkat Monas merupakan salah satu bangunan nasional terkenal yang memiliki sejarah panjang karena sudah dibangun semenjak masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Monumen yang dibangun di pusat kota Jakarta ini merupakan saksi dari perkembangan Indonesia.

Letaknya yang berada di tengah pusat kota juga memudahkan pengunjung datang ke sini. Bagi yang hendak mengunjungi Monas, bisa menggunakan moda transportasi MRT dan TransJakarta koridor 1 (Kota-Blok-M), koridor 1A (PIK-Balai Kota), koridor 6A atau 6B (Monas-Ragunan), serta koridor 9B (Pinang Ranti-Kota).

5. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu destinasi tempat wisata andalan Jakarta yang tidak pernah sepi pengunjung ketika memasuki musim liburan sekolah. Tempat wisata yang berada di Jakarta Timur ini merupakan tempat wisata edukasi, dimana TMII memiliki koleksi berbagai flora dan fauna endemik khas Indonesia.

Selain menawarkan wisata edukasi, di TMII juga terdapat wahana wisata air yang ramah bagi anak-anak. Akses ke TMII juga cukup mudah dicapai karena didukung oleh moda transportasi yang terhubung dengan baik di Ibu Kota.

Bagi yang ingin ke tempat ini, kalian bisa menggunakan KRL ataupun TransJakarta. Untuk yang menggunakan KRL, bisa naik KRL dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Tanjung Barat, lalu melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan ojek online hingga lokasi. Sementara untuk yang memilih perjalanan dengan TransJakarta, bisa menggunakan bus yang mengarah menuju Halte Cawang, Jakarta Timur. Setelah sampai di Halte Cawang, lanjutkan perjalanan dengan TransJakarta koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti) atau 9C (Bundaran Senayan-Pinang Ranti) baru kemudian turun di Halte Taman Mini Garuda.

6. Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas yang berada di Depok, Jawa Barat juga bisa dikunjungi di musim libur sekolah. Masjid ini menjadi ikon Kota Depok yang sudah terkenal karena masjid ini dianggap masjid termegah di Asia Tenggara.

Cara untuk ke Masjid Kubah Emas tidaklah sulit. Pengunjung bisa menggunakan KRL dari Stasiun Tanah Abang, lalu turun di Stasiun Depok Baru. Setelah turun di Stasiun Depok Baru, para pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online hingga mencapai lokasi wisata.

7. Telaga Biru Cisoka
Objek wisata terakhir yang bisa dikunjungi di musim libur sekolah adalah Telaga Biru Cisoka yang berada di Tangerang, Banten.Telaga ini merupakan tempat wisata buatan manusia yang memiliki pemandangan sangat indah sehingga cocok untuk dijadikan tempat rekreasi dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Tempatnya yang tidak jauh dari pusat kota membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi.

Para wisatawan bisa menggunakan KRL dari Jakarta menuju Maja dan turun di Stasiun Tigaraksa. Setelah sampai di Stasiun Tigaraksa, bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online untuk mempersingkat perjalanan, sehingga bisa segera sampai di tujuan tanpa harus transit terlebih dahulu.

8. Waterboom Lippo Cikarang 

Waterboom Lippo Cikarang beralamat di Jl Madiun Kav 115 Lippo Cikarang merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Bekasi dengan tematik nuansa alam Bali yang eksotik.

Terletak di Jawa Barat, WaterBoom Lippo Cikarang menawarkan pengalaman seru bermain air yang tak terlupakan.

Waterboom Lippo Cikarang merupakan salah satu taman air terbesar dan terpopuler di Jawa Barat.

Dengan luas area yang mencapai beberapa hektar, tempat ini menawarkan berbagai atraksi dan wahana yang memikat pengunjung dari segala usia.

Salah satu daya tarik utama adalah kolam renang dengan air yang jernih dan bersih.

Bagi mereka yang lebih suka bersantai, terdapat juga sungai buatan yang mengelilingi taman air. Anda dapat menyewa ban renang dan mengapung santai di sepanjang sungai sambil menikmati pemandangan yang menenangkan.

Itulah delapan objek wisata yang bisa dikunjungi di wilayah sekitar Jabodetabek di musim libur sekolah 2023 beserta akses transportasi ke tempat wisatanya. Semoga informasinya bermanfaat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup