Menhan Prabowo Tegaskan RI Ingin Jadi Penengah Konflik Ukraina-Rusia

FOTO: @prabowo

terkenal.co.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa Indonesia ingin menjadi penengah konflik Ukraina-Rusia.

Menhan Prabowo juga menegaskan bahwa keinginan Indonesia untuk menjadi penengah konflik Ukraina-Rusia.

Tak hanya menjadi penengah, Menhan Prabowo juga menyampaikan bahwa Indonesia juga menginginkan menjadi pihak yang menjembatani penyelesaian konflik Ukraina-Rusia.

“Tapi kita memelihara hubungan baik dengan semua pihak, dan kita selalu mencoba, kita berusaha untuk menjadi penengah, jembatan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa Indonesia berasa dalam posisi menghormati ketentuan internasional.

“Kita berada di posisi yang menghormati ketentuan internasional, sikap politik luar negeri kita sudah sangat jelas,” terang Menhan Prabowo.

Pernyataan yang disampaikan Prabowo ini merupakan hasil pembahasan dirinya ketika bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Senin, 26 Juni 2023 di Istana Kepresidenan, Jakarta

Menhan Prabowo mengungkapkan bahwa Indonesia mencermati situasi global, termasuk konflik Ukraina-Rusia yang cepat berubah.

Ia juga memastikan kesiapan Indonesia untuk menjadi penengah konflik Ukraina-Rusia.

“Kalau memungkinkan, kalau ada. Kalau ada hasrat dari kedua belah pihak, tapi terus kita berusaha memberikan masukan yang baik,” terang Prabowo.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan akan segera membuat laporan yang detail kepada Presiden Jokowi mengenai kondisi terkini konflik Ukraina-Rusia.

Tak hanya itu, Prabowo juga telah mendapat petunjuk oleh Presiden Jokowi mengenai apa yang harus dilakukan dalam menangani situasi global terkini.

“Ada beberapa hal yang dapat petunjuk dari Presiden dan saya kira akan kita laksanakan petunjuk beliau,” ujarnya.

Menhan Prabowo juga melaporkan kepada presiden Jokowi mengenai banyaknya negara di benua Afrika yang meminta bantuan pelatihan tentara.

“Saya kira ini nanti akan kita tindak-lanjuti. Jadi intinya itu perkembangan yang kita cermati supaya kita tidak terdadak dan rencana ke depan,” tandasnya.

 

Laporan: Mishbahul Anam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup