Marak Modus Calo Tenaga Kerja di Cikarang, Korban Ngadu ke DPR Minta Dibantu Advokasi

Suhartono korban dari modus calo tenaga kerja di Cikarang.

terkenal.co.id –  Memberantas oknum calo tenaga kerja memang susah-susah gampang. Sebab, butuh perhatian serius dari Pemerintah Daerah (Pemda), Perusahaan, dan Aparat Hukum untuk mengatasi mereka.

Hal tersebut sedikitnya informasi dimasyarakat terkait lowongan kerja (loker) ini sudah diketahui secara umum terjadi. Kendati demikian, lantaran menjadi modus jahat bagi segelintiran oknum untuk memanfaatkan keadaan.

Modus penipuan kepada masyarakat dijanjikan bekerja disebuah perusahaan dengan membayar sejumlah uang kepada calo ini, namun sampai berlarut larut masyarakat tidak kunjung dapat perkerjaan atau panggilan bekerja di perusahaan.

Salah satunya korban calo tenaga kerja di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Suhartono, ia memberanikan diri mengadu kepada Anggota DPR RI Obon Tabroni. Karena, dirinya sudah merasa dirugikan oleh oknum calo tenaga kerja tersebut.

Lebih lanjut, Suhartono mengaku kepada terkenal.co.id ia dirugikan senilai 6 juta rupiah, hingga kini belum menerima kabar baik untuk mendapatkan pekerjaan di Perusahaan.

“Merasa sulit kerja di Bekasi, Saya sudah berusaha melalui email ke perusahaan tidak ada sama sekali diterima. akhirnya saya pakai uang ternyata malah ditipu sebesar 6 juta rupiah. Saya baru kali ini ditipu, banyak dijanjikan (oknum calo) sampe hari ini tidak ada kabar. Semoga Pemerintah bisa mengambil tindakan tegas ada nya oknum calo tenaga kerja di Bekasi ini,” kata Suhartono di Cikarang pada Rabu (21/2023).

Dengan mersepon aduan itu, Obon Tabroni mengatakan akan siap mengawal keluhan dari masyarakat dalam kasus demikian. Ia juga selanjutnya akan melakukan diskusi kepada korban untuk bergerak upaya hukum.

“Banyak kasus seperti ini jarang ada korban berani melapor dan banyak kasusnya tidak ditindaklanjuti,” kata dia.

“Mungkin kita akan diskusikan bersama, kemudian nanti kita melaporkan secara hukum. Karena, supaya tidak ada kejadian kasus seperti ini lagi,” sambungnya.

Legislator Fraksi Gerindra ini menyarankan agar Pemda Bekasi khususnya Disnaker segera untuk disikapi. Karena, menurut Obon agar kasus calo tenaga kerja tak terjadi kembali di Kabupaten Bekasi.

“Kasus seperti ini sudah lama semanjak ada industri di Bekasi, Makanya perlu diusut tuntas supaya tidak terulang kembali. Disini peran pemerintah sangat perlukan seperti Disnaker harus mampu mengawasi,” pungkasnya. (die)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup