Tuduhan Pidana Federal, Mantan Presiden AS Donald Trump mengaku Tak Bersalah

Donald Trump (Foto: ABC Australia)

terkenal.co.id – Mantan Presiden AS Donald Trump mengaku tidak bersalah pada hari Selasa (13/6/2023) waktu setempat, atas tuduhan pidana federal bahwa dia secara tidak sah menyimpan dokumen keamanan nasional saat meninggalkan jabatannya dan berbohong.

Permohonan Trump, yang diajukan di hadapan Hakim Hakim AS Jonathan Goodman di pengadilan federal di Miami, menyiapkan pertarungan hukum yang kemungkinan besar akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang saat dia berkampanye untuk memenangkan kembali kursi kepresidenan dalam pemilihan November 2024.

Donald Trump, yang mengenakan setelan biru dan dasi merah, mengerutkan kening dan bersandar di kursinya, tetapi tidak berbicara selama 47 menit sidang.

Dia diizinkan meninggalkan pengadilan tanpa persyaratan atau batasan perjalanan dan tidak diperlukan uang jaminan. Goodman memutuskan bahwa dia tidak diizinkan untuk berkomunikasi dengan calon saksi dalam kasus tersebut.

Ajudan Trump, Walt Nauta, yang juga didakwa dalam kasus ini, muncul di pengadilan bersama Trump tetapi tidak perlu mengajukan pembelaan hingga 27 Juni karena dia tidak memiliki pengacara lokal. Dia juga dibebaskan tanpa harus membayar jaminan dan diperintahkan untuk tidak berbicara dengan saksi lain.

Pendukung meneriakkan “Kami mencintai Trump” saat iring-iringan mobilnya meninggalkan gedung pengadilan pada pukul 15.55 waktu setempat kira-kira dua jam setelah tiba.

Itu adalah kunjungan ruang sidang kedua untuk Donald Trump dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan April, dia mengaku tidak bersalah atas tuduhan negara bagian di New York yang berasal dari pembayaran uang suap kepada seorang bintang porno .

Donald Trump adalah mantan presiden pertama yang didakwa dengan kejahatan federal.

Pihak berwenang telah bersiap untuk kemungkinan kekerasan, mengingat serangan 6 Januari 2021 di Capitol AS, tetapi Wali Kota Miami Francis Suarez mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada masalah keamanan.

Donald Trump telah berulang kali menyatakan tidak bersalah dan menuduh pemerintahan Presiden Demokrat Joe Biden menargetkan dia.

Saat singgah di Versailles, sebuah restoran Kuba, setelah sidang, Donald Trump mengatakan kepada pendukungnya bahwa Amerika Serikat “dicurangi”, “korup”, dan “mundur”.

“Kita memiliki pemerintahan yang tidak terkendali,” katanya.

Dia kemudian terbang kembali dengan jet pribadinya ke klub golfnya di New Jersey, di mana dia dijadwalkan untuk berbicara kepada pendukung pada pukul 8.15 malam waktu setempat.

Penasihat Khusus Jack Smith, yang menangani kasus ini, menuduh Donald Trump mempertaruhkan rahasia nasional dengan membawa ribuan dokumen sensitif bersamanya ketika dia meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021 dan menyimpannya secara sembarangan di perkebunan Mar-a-Lago Florida miliknya. dan klub golf New Jersey miliknya.

Foto-foto yang termasuk dalam dakwaan dewan juri yang dirilis minggu lalu menunjukkan kotak-kotak dokumen yang disimpan di panggung ballroom, di kamar mandi, dan berserakan di lantai ruang penyimpanan.

Catatan itu termasuk informasi tentang program nuklir rahasia AS dan potensi kerentanan jika terjadi serangan , kata surat dakwaan itu.

Dakwaan ttu juga menuduh Donald Trump berkonspirasi dengan Nauta untuk menyimpan dokumen rahasia dan menyembunyikannya dari penyelidik. Nauta telah bekerja untuk Trump di Gedung Putih dan di Mar-a-Lago.

Sumber: Beritasatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup