Bus Milik PO Haryanto Terbakar di Cikarang

Bus PO Haryanto.

terkenal.co.id – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) milik PO Haryanto terbakar di depan Gerbang Tol Cikarang Barat, Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, pada Senin (29/5/23) malam. Kebakaran itu, diduga akibat mengalami konsleting pada bagian mesin.

Bus yang mengangkut 10 orang penumpang asal Jakarta dengan tujuan kota Cepu, Jawa Tengah itu terbakar saat akan masuk Tol Jakarta Cikampek melalui Gerbang Tol Cikarang Barat usai mengambil penumpang di agen bus Haryanto.

Seorang sopir bernama Kuat (49) menuturkan peristiwa kebakaran awalnya diketahui olehnya saat terlihat asap tebal keluar dari bagian belakang, tepatnya dari mesin bagian mesin.

“Awalnya gak ada gejala apa-apa, asap keluar dari mesin belakang pas tikungan itu mau masuk tol saya lihat dari kaca spion itu kok asap sudah keluar gede gitu, terus saya berhenti keluar turun, penumpang saya suruh turun, gak lama api langsung gede gitu,” ujar Kuat di lokasi kejadian.

Dia menduga kebakaran disebabkan adanya konsleting pada bagian kelistrikan mesin bus. Pasalnya, kata Kuat, sejak berangkat dari Jakarta, mesin bus dalam kondisi normal tak ada kendala yang dirasakan olehnya.

“Bagian belakang, kemungkinan ya dari perkabelan konslet, dari pas berangkat gak ada kendala tadi di dalam tol dari Jakarta juga aman,” ungkapnya.

Beruntung sebelum api membesar Ia meminta seluruh penumpang turun dari bus, sehingga tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Tujuannya ke Cepu Jawa Tengah, penumpangnya sekitar 10 orang saya suruh turun ada asap takutnya kan ada api penumpang saya suruh turun semua, jadi sebelum api gede penumpang udah turun semua,” kata Kuat.

Salah satu penumpang, bernama Suroso (54) mengatakan sempat terjadi kepanikan saat asap tebal berwarna putih mengebul dari mesin yang ada di bagian belakang bus.

Bahkan, demi menyelamatkan diri, kata Suroso, Ia dan sang istri sempat terjatuh dari bus saat menyelamatkan diri, namun keduanya bersyukur bisa menyelamatkan diri sebelum api membesar menghanguskan sebagian badan bus.

“Panik mas, pas dikasih tahu sama sopir ada asap dari belakang, itu langsung kita selamatin diri sampai jatuh-jatuh tadi, tapi alhamdulillah semua selamat, sopirnya sigap suruh kita turun,” ujarnya.

Akibat peristiwa kebakaran tersebut, 50 persen badan bus mudah terbakar. Meski begitu, para penumpang masih bisa melanjutkan perjalanan dengan bus pengganti.

Kasus kebakaran bus itu saat ini ditangani oleh Unit Gakkum Sat Lantas Polres Metro Bekasi. Guna dilakukan penyelidikan penyebab kebakaran, bus dan sopir diamankan di kantor laka lantas Polres Metro Bekasi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup