Doa saat Cuaca Panas Ekstrem

Ilustrasi sedang berdoa.

terkenal.co.id – Negara kita, Indonesia akhir-akhir ini merasakan cuaca panas yang ekstrim. Panasnya tidak biasa, bahkan belum pernah kita rasakan pada hari-hari sebelumnya. Suhunya berkisar lebih dari 30°C. Bahkan di daerah Medan pernah mencatatkan suhu hingga mencapai 36,5 °C.

Para ulama’, para wali Allah Subhanahu Wa Ta’ala banyak memberikan doa yang sangat baik dibaca dalam berbagai permasalahan dan keadaan, salah satunya dalam keadaan panas seperti ini.

Doa saat cuaca panas ekstrem

Berikut ini salah satu doa yang disampaikan oleh guru kami Allahu Yarham Al-Habib Abu Bakar al-‘Adni bin Ali Al-Masyhur, dalam salah satu pengajian yang diasuh oleh beliau di saat beliau masih hidup, beliau menyampaikan :

“Para salafus shalih selalu berdo’a,  pada hari yang sangat panas seperti panasnya hari ini. Masya Allah cuaca hari ini sangat panas, para salaf  biasa berdo’a

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد

مَا أَشَدَّ حَرَّ هَذَا الْيَوْمِ ، اللَّهُمَّ قِنِيْ مِنْ حَرِّ نَارِ جَهَنَّمَ

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa Ala Sayyidna Muhammad ma asyadda harra hadzal yaum. Allahumma qini min harri nari jahannam

Yang artinya : “Ya Allah limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, Ya Allah alangkah panasnya hari ini, Ya Allah jagalah hamba dari panasnya Api Neraka Jahanam”

Semoga dengan kita mengamalkan ijazah dari beliau, Allah berikan keringanan kepada kita terhadap cuaca panas akhir-akhir ini, dan Allah berikan kita keselamatan dari azab api neraka Jahanam. Amin.

Cuaca Panas Melanda Indonesia Mei hingga Juni 2023

Indonesia dan sekitarnya sedang mengalami cuaca panas pada beberapa waktu terakhir ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa cuaca panas yang terjadi di Indonesia bukanlah gelombang panas. Dilansir dari Kompas, BMKG memperkirakan puncak suhu panas di Indonesia akan terjadi pada bulan Mei dan Juni 2023.

Cuaca panas ekstrem di sebagian wilayah Asia ini dipengaruhi oleh gelombang panas atau heatwave. Melansir dari Liputan6, 6 kota di utara dan timur India mencatat suhu di atas 44°C sementara ibu kota, Delhi, mencatat 40.4°C pada Selasa, 16 April 2023. Dilaporkan pula cuaca panas ekstrem India telah menyebabkan kematian dan penutupan sekolah. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup