Gubernur Florida Ron DeSantis Bakal Maju Calon Presiden AS

Florida Gov. Ron DeSantis, right, bids farewell to journalists as he closes talks with journalists after meeting Japanese Prime Minister Fumio Kishida at the latter's official residence in Tokyo, April 24, 2023. (Kimimasa Mayama/Pool Photo via AP)

terkenal.co.id – Gubernur Florida Ron DeSantis dikabarkan akan maju dalam pencalonan pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) 2024. DeSantis akan bersaing dengan Donald Trump dari Partai Republik.

Menurut dua sumber yang mengetahui keputusan tersebut, dilaporkan Reuters DeSantis kemungkinan besar bakal mengajukan dokumen yang menyatakan pencalonannya pada 25 Mei. Adapun pengumuman resmi akan dilakukan pada 29 Mei.

Perwakilan DeSantis belum membalas permintaan untuk komentar. Mantan Presiden AS Trump dalam beberapa pekan terakhir telah meningkatkan serangan politiknya terhadap Gubernur Florida itu.

Menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos baru-baru ini, Trump mempertahankan keunggulannya dalam proses pemilu pendahuluan Partai Republik 2024. Meski demikian, beberapa donatur besar terkenal Republik dikabarkan menginginkan DeSantis terjun lebih cepat dalam pemilu untuk melawan Trump.

Desakan DeSantis untuk tidak ikut pemilihan presiden 2024 sebelum badan legislatif Florida menyelesaikan sesi musim semi awal bulan ini. Serangan-serangan Trump telah merugikan posisi DeSantis dalam jajak pendapat nasional.

Meski demikian, DeSantis dan penasihatnya berharap untuk menggunakan sesi legislatif sebagai batu loncatan untuk pengumuman kampanye mereka. Anggota-anggota parlemen dari Partai Republik juga telah memberi DeSantis serangkaian kemenangan konservatif dalam beberapa bulan terakhir.

Sekadar informasi, DeSantis (44) kembali terpilih sebagai gubernur tahun lalu. Dia mengalahkan lawannya dari Partai Demokrat dengan unggul hampir 20% poin.

DeSantis dan kubunya memperluas program kupon sekolah negara bagian, melarang penggunaan uang publik dalam upaya investasi berkelanjutan, menghapus program-program keberagaman di universitas negeri, mengizinkan membawa senjata rahasia tanpa izin, serta melarang hampir semua aborsi di negara bagian itu.

DeSantis juga dikabarkan tengah membantu menyiapkan landasan untuk pencalonannya. Komite aksi politik yang mendukungnya, Never Back Down, yang dapat mengumpulkan dana tak terbatas, telah mempekerjakan staf di negara bagian pemungutan suara awal dan menjalankan iklan TV yang memperjuangkan DeSantis guna menjatuhkan Trump. (beritasatu.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup