Bermain Ponsel Saat BAB Berpotensi Alami Ambeien! Ko Bisa?

Sumber : Instagram@sehatq_id

TERKENAL.CO.ID – Dizaman yang serba teknologi sekarang ini hampir setiap orang terutama orang-orang dewasa yang tidak ketinggalan dengan yang namanya ponsel.

Sehingga kemanapun berpergian tidak terlepas dari yang namanya ponsel, bahkan sampai ke kamar mandi pun tak pernah tertinggal dari ponsel.

Sebagai contoh ketika buang air besar selama beberapa menit, biasanya muncul rasa bosan tanpa melakukan apa pun. Untuk mengalihkan rasa bosan tersebut, sebagian orang akan membawa ponsel mereka untuk mengalihkannya.

Namun, siapa sangka jika bermain ponsel saat Buang Air Besar atau BAB tidak baik untuk kesehatan bahkan berpotensi ambeien, seperti dikutip TERKENAL.CO.ID dari suara.com 18 Mei 2023 yang telah dilansir dari hellosehat.com serta sehatq.com, inilah beberapa bahaya kesehatan tersebut, diantaranya:

1. Kontaminasi bakteri

Ponsel merupakan benda tempat mengendapnya kuman maupun bakteri karena tanpa disadari ataupun tidak bahwa ponsel adalah salah sat benda yang selalu di bawa kemana-mana dan bisa jadi dari pembelian hingga pemakaian belum pernah di cuci atau dibersihkan.

Bahkan, disebut-sebut ponsel merupakan salah satu benda yang lebih kotor ketimbang dudukan toilet, lho.

Jika kamu membawa ponsel ke kamar mandi, paparan bakteri pun akan meningkat, sehingga bisa menyebabkan masalah penyakit karena bakteri yang masuk ke tubuh.

2. Terkena ambeien

Ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada anus. Dilansir dari healthline yang dikutip dari laman hellosehat.com, sebenarnya yang menyebabkan ambeien bukanlah bermain ponselnya. Akan tetapi, duduk terlalu lama di toilet yang jadi penyebabnya.

Ketika bermain ponsel saat BAB sehingga menjadi betah dan berlama-lama duduk atau jongkok di toilet, maka tekanan pada pembuluh darah pada anus pun berpotensi meningkat. Sehingga aliran darah pun menjadi tidak lancar dan darah akan menumpuk berakibat pada rasa sakit serta pendarahan ketika feses dikeluarkan.

3. Konstipasi

Ketika bermain ponsel saat BAB, akan menyebabkan kamu tidak fokus mengeluarkan feses. Sehingga bisa menyebabkan konstipasi atau kesulitan saat BAB.

Terdapat istilah gerakan reverse peristalsis, dimana usus besar menyerap banyak cairan feses, sehingga feses akan menjadi lebih kering dan akhirnya bisa menyebabkan konstipasi.

Itulah beberapa bahaya kesehatan jika bermain ponsel saat BAB. akan lebih bijak jika kamu meninggalkan sejenak untuk bermain ponsel saat hendak BAB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup