5 Rekomendasi Memilih Softlens! Bisa Buat Kamu Nyaman

waktu baca 3 menit
Sumber: Instagram@softlensku_murah

TERKENAL.CO.ID – Kita tahu bahwa softlens yang bagus dapat memperbaiki fungsi penglihatan. Jika digunakan dan dirawat dengan benar, softlens juga bisa melindungi mata yang berharga dari kerusakan penglihatan jangka panjang. Ini sebabnya memilih softlens yang bagus dengan perawatan yang mudah sangatlah penting

Dibanding kacamata, softlens terbukti makin banyak digunakan karena dianggap mampu mengimbangi dan menunjang aktivitas penggunanya. Sebagian besar pengguna softlens berada pada rentang usia 25 hingga 44 tahun, dan mereka merupakan penderita rabun jauh yang menggunakan softlensnya setiap hari. Kebiasaan ini tentunya bisa berujung pada terganggunya kesehatan mata jika Anda tidak memiliki softlens yang bagus dan tidak merawatnya dengan baik.

Para ahli merekomendasikan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih softlens agar nyaman dipakai. Berikut adalah beberapa tips dari para ahli yang telah dikutip TERKENAL.CO.ID dari aladokter.com 18 Mei 2023, diantaranya:

1. Konsultasikan dengan Dokter Mata: Pertama-tama, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata sebelum memilih softlens. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan mata Anda. Mereka akan mempertimbangkan kondisi mata, tingkat kekeringan, serta riwayat kesehatan mata Anda sebelum memberikan saran.

2. Pilih Bahan Softlens yang Berkualitas: Bahan softlens memainkan peran penting dalam kenyamanan dan keamanan penggunaan softlens. Para ahli merekomendasikan memilih softlens yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti hidrogel atau silikon-hidrogel. Bahan-bahan ini memungkinkan aliran oksigen yang cukup ke mata, mencegah mata menjadi kering, dan memberikan kenyamanan sepanjang hari.

3. Perhatikan Kurva Basisk dan Ukuran Softlens: Setiap mata memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memilih softlens dengan kurva basisk dan ukuran yang sesuai dengan mata Anda. Kurva basisk yang tepat akan memastikan softlens duduk dengan baik di mata dan tidak bergerak atau menyebabkan iritasi. Ukuran yang pas juga akan memberikan kenyamanan maksimal saat dipakai.

4. Pilih Jenis Softlens yang Sesuai: Terdapat berbagai jenis softlens, termasuk softlens harian, bulanan, multifokal, dan warna. Pilih jenis softlens yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Softlens harian lebih praktis karena dapat digunakan sekali pakai tanpa perlu membersihkan atau merawatnya. Sementara itu, softlens bulanan lebih tahan lama dan cocok untuk penggunaan jangka panjang.

5. Jaga Kebersihan dan Perawatan Softlens: Ahli juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan melakukan perawatan yang tepat untuk softlens. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum memasang atau melepas softlens. Gunakan larutan pembersih yang direkomendasikan dan ikuti petunjuk perawatan yang diberikan oleh produsen. Jangan lupa mengganti softlens sesuai dengan jadwal yang ditentukan, baik itu setiap harian atau bulanan.

Ingatlah bahwa rekomendasi dari dokter mata adalah yang paling penting saat memilih softlens. Setiap orang memiliki kondisi mata yang berbeda, oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter mata Anda untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

%d blogger menyukai ini: