Setelah 32 Tahun Puasa Gelar Akhirnya Garuda Muda Raih Juara, Sepak Bola Putra SEA Games 2023

Sumber : Instagram@PSSI

TERKENAL.CO.ID – Setelah melewati 120 menit di lapangan hijau akhirnya Garuda Muda membuktikan keperkasaannya atas Thailand di SEA Games 2023.

Pertandingan yang sangat dramatis di pertontonkan oleh Timnas Indunesia U-22 pada final SEA Games 2023 melawan Timnas Thailand U-22 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5) malam.

Pada laga final tersebut Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tampil ciamik dan penuh sarat akan perjuangan dengan raihan hasil yang sangat memuaskan yakni melibas Thailand dengan skor telak 5-2.

Dikutip TERKENAL.CO.ID dari CNN Indonesia 16 Mei 2023, Gol pembuka Indonesia berhasil di cetak oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-20 usai meneruskan umpan lemparan jarak jauh Alfeandra Dewangga dan berhasil ditanduknya.

Gol ini bermula dari lemparan ke dalam yang dilakukan Alfeandra Dewangga dari sisi kanan area penyerangan. Dewangga melakukan lemparan jarak jauh yang langsung mengarah ke kotak penalti dan mampu dikonfersikan gol lewat sundulan Sananta dan skor pun berubah menjadi 1-0.

Di massa injury time Garuda Muda berhasil menambah keunggulannya menjadi 2-0, setelah umpan jarak jauh dari sang kapten Rizky Ridho Ramadhan Sananta berhasil mlepaskan tembakan spekulatif walau di himpit dua bek Thailand.
Hingga babak pertama usai skor tersebut tidak berubah.

Pada babak kedua, pertandingan semakin sengit. Indonesia dan Thailand saling berbalas serangan.

Pada menit ke-66, Thailand mampu memperkecil ketertinggalan mereka menjadi 1-2 lewat tandukan Anan Yodsangwal usai meneruskan umpan sepak pojok yang dilepaskan rekannya.

Kemudian, pada menit ke-90+8, Thailand pun mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Yotsakon sehingga laga pun harus berlanjut ke babak ekstra time.

Namun, Dewi Fortuna pun lagi memihak Indonesia tepatnya di awal babak extra time Indonesia berhasil unggul cepat melalui sontekan Irfan Jauhari di menit ke-92.

Kemudian, Indonesia nyaris menambah skor lewat beberapa peluang emas yang didapat. Salah satunya peluang emas Marselino Ferdinan pada menit ke-105 yang masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Thailand.

Memasuki babak kedua tambahan waktu, Fajar Fathur Rahman mampu menyumbangkan gol keempat Indonesia. Setelah, memanfaatkan lowongnya lini belakang Thailand, Fajar pun melepaskan tembakan yang tak bisa diamankan kiper Thirawoot Sraunson.

Thailand yang berusaha mengejar justru harus kehilangan Anan yang mendapat kartu kuning kedua.

Kekurangan pemain skuad Gajah Perang itu menjadi angin segar bagi Indonesia. Pada menit akhir extra time, Beckham Putra Nugraha mencetak gol dan mengubah skor menjadi 5-2.

Hingga pertandingan usai tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim. Indonesia menang 5-2 atas Thailand dan menjadi juara SEA Games 2023 sekaligus meraih medali emas dari cabor sepak bola SEA Games 2023 setelah penantian 32 tahun.

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand di Final SEA Games 2023:

Indonesia XI: Ernando Ari; Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Komang Teguh; Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Muhammad Taufany, Fajar Fathur Rachman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman

Thailand XI (4-4-2): Soponwit Rakyart; Bukkoree Lemdee, Chatmongkol Rueangthanarot, Jonathan Khemdee, Songchai Thongcham; Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunpasuch; Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup