Perbedaan Lebaran 2023, Pemuda Muhammadiyah Bekasi Sebut Tak Usah Dibesar-besarkan

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bekasi Dr. H. Ikhwan Ridha Wilti. MKM.

terkenal.co.id – Penentuan hari raya Idul Fitri tahun ini di Indonesia, diperkirakan akan kembali mengalami perbedaan.

Sedangkan, NU dan sejumlah ormas Islam lainn masih akan mengikuti sidang Isbat yang akan dilakukan pemerintah bersama seluruh ormas Islam pada Jumat (21/4/2023).

Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia, sejak beberapa pekan lalu sudah menetapkan Idul Fitri 1444 Hijriah akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023, atau puasa ramadan selama 29 hari.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bekasi Dr. H. Ikhwan Ridha Wilti. MKM. mengatakan perbedaan itu tak usah dibesar-besarkan. Kendati demikian, karena memiliki caranya masing-masing.

“Perbedaan yang hari ini terjadi dalam menentukan 1 syawal 1444 H tidak perlu di besar-besarkan,” kata Ikhwan.

“Biar bagaimanapun Muhammadiyah sudah memiliki caranya sendiri dengan metode hisab dalam menetapkan 1 Syawal dan Pemerintah atau saudara kita di NU pun memliki cara sendiri dalam menentukan 1 syawal dengan metode rukyat,” sambung dia.

Menurut Ikhwan, perbedaan ini harus disikapi dengan baik, tenang, tanpa berselisih apalagi menyebabkan perpecahan.

“Bagi kita perbedaan itu adalah rahmat dan karunia yang luar biasa agar kita bisa saling menghargai dan saling mencintai antar sesama dalam perbedaan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat (21/4/2023) Hari ini.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bekasi, malam kemarin tengah mempersiapkan sejumlah tempat untuk penyelenggaraan Salat Idul Fitri (Ied).

Ketua PDM Muhammadiyah Kabupaten Bekasi Suyatman mengatakan terdapat delapan lokasi yang dipersiapkan pihaknya untuk pelaksanaan Salat Ied esok hari.

“Kami sebar di beberapa tempat yang jadi lokasi pelaksanaan Salat Ied besok pagi,” ungkap Suyatman melalui keterangan tertulisnya, Kamis (20/4/2023).

Ia mempersilahkan masyarakat untuk datang apabila memutuskan untuk merayakan Lebaran hari ini. (die)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup