Jum’at Dini Hari Tol Jakarta-Cikampek Mulai Terpantau Lancar

Suasana arus lalu lintas Tol Jakarta-Cikampek atau Japek terpantau ramai lancar pada Kamis (20/4/2023) malam. FOTO: Tribunnews

terkenal.co.id – Ruas jalan Tol Jakarta – Cikampek mulai terpantau lancar pada Jumat (21/4/2023) pukul 00:23 WIB, hal ini disebabkan oleh sistem oneway yang diterapkan untuk mempermudah masyarakat.

Dikutip dari akun Twitter PT. Jasa Marga, pada Kamis (20/4/2023), Cikampek – Dawuan – Cikarang – Cikunir – Cawang juga terpantau lancar, di H-2 lebaran.

Begitu juga kendaraan pemudik yang melalui Jalan Layang MBZ terpantau lancar. “19.06 Wib #Jalan_Layang_MBZ Cikunir – Tambun – Cikarang – Karawang LANCAR. ; Karawang – Cikarang – Tambun – Cikunir LANCAR.”

Sedangkan one way masih berlaku di Tol Cikampek KM-70 sampai GT Kalikangkung KM 414 khusus kendaraan yang menuju arah Semarang, Jawa Tengah.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 973.804 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 sampai H-3 Hari Raya Idul Fitri 1444H / Lebaran 2023 yang jatuh pada periode Sabtu-Rabu (15-19 April 2023).

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 46,5% jika dibandingkan lalin normal dari 664.882 kendaraan,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Lisye Octaviana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/4)/2023).

Meskipun oneway hanya diterapkan sampai pukul 00.00, namun hal ini menjadi bantuan besar yang membuat jalanan tidak tampak bertumpuk kendaraan atau macet total.

Macet disepanjang jalan tol menuju Jawa Tengah hanya terjadi di siang hari,  tidak memakan waktu lama dan tidak macet total, hanya saja kendaraan yang ada harus sedikit merayap.

Penyebab kemacetan yang tidak berlarut ini tidak hanya karena di terapkan oneway pada jam tertentu, namun para pemudik sudah pintar mencari waktu yang pas untuk kembali ke kampung halaman.

Banyak dari mereka yang memilih pulang terlebih dahulu sebelum puncak arus mudik, ataupun mereka yang memilih pulang ketika lebaran sudah selesai.

Demikian keadaan yang terpantau pada saat ini, kiranya para pemudik sampai pada tujuan dengan keadaan selamat.

Laporan: Hana Wenny

Editor: Ardi Priana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup