Badan Tetap Fit dalam Keadaan Puasa

Ilustrasi

terkenal.co.id – udah masuk 23 hari kita menjalankan ibadah puasa, tidak terasa sebentar lagi mendatang Hari Raya Idul Fitri akan kita rayakan bersama-sama.

Puasa pasti menjadi peluang yang pas untuk kita melakukan ibadah dan berbuat baik pada sesama,oleh daripada itu penting sekali kita menjaga kesehatan agar tetap fit dan terjaga, sehingga tidak merusak aktivitas sehari-hari dalam berbuat baik.

Berikut tips lq0 trik yang dapat kita lakukan untuk menjaga keadaan tubuh kita agar tetap sehat meskipun menjalankan puasa;

  1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Kandungan dalam tubuh manusia kurang lebihnya 70% adalah kandungan air. Ini menjadi penting sehingga manusia harus mencukupinya kebutuhan cairannya, biasanya dalam sehari kita harus mengonsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air. Cairan yang dibutuhkan dalam tubuh perlu kita penuhi agar tidak menghambat kerja setiap organ tubuh. Ketika berpuasa kita dapat penuhi dengan membaginua menjadi 2, ketika sahur 4 gelas dan ketika berbuka 4 gelas.

  1. Mengaturpola tidur

Hal yang tidak baik adalah ketika kebiasaan masyarakat Indonesia menggunakan hari puasa menjadi rutin untuk tidur, bahkan tidur menjadi aktivitas yang dilakukan dari setelah sahur sampai menjelang magrib. Hal ini tidak baik, sebabnya tidak seimbang dengan melakukan aktivitas lain. Seharusnya kita mengatur setiap harinya agar tetap tidur pada jam yang sudah dilakukan sebelum puasa, dan tetap melakukan aktifitas lain seperti bekerja, sekolah, belajar, olahraga, namun dapat kita kurangi sedikit tingkat pengerjaanya sehingga tidak mengurasa tenaga.

  1. Mengatur aktivitas fisik

Dalam berpuasa pasti membuat tubuh kita menjadi cepat lelah dan lemas, namun aktivitas sangat baik untuk tetap dilakukan. Cara yang tepat adalah mengurangi tekanan pengerjaanya agar lebih ringan dan dapat diterima oleh tubuh. Saat tubuh kebanyakan aktivitas fisik dan tidak seimbang dengan kondisi tubuh maka yang terjadi akan terasa mual dan menganggu pencernaan tubuh.

  1. Mengonsumsi Vitamin

Perlu sekali ketika berpuasa kita bantu dengan suplemen vitamin, agar kekurangan yang ada saat berpuasa masih bisa di support oleh vitamin ini. Kita juga perlu menggunakan vitamin yang baik dan sesuai kegunaan dalam tubuh.

Kata siapa puasa itu berat, nyatanya kita dapat tetap melakukan dengan hati yang senang karena keadaan tubuh tetap terasa normal dan sehat. Semangat lagi ya dalan menjalankan puasa di tahun ini.

Penulis: Hana Wenny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup