Kabupaten Bekasi punya nama Jalan Baru KH R Ma’mun Nawawi

Gubernur Jabar resmikan jalan KH R Ma'mun Nawawi

terkenal.co.id – Ruas Jalan Cikarang-Cibarusah yang berlokasi di Kecamatan Cikarang Selatan, resmi berganti nama menjadi Jalan KH R Ma’mun Nawawi.

Acara peresmian penggantian nama jalan dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Kapolres Metro Bekasi Kombes Tedy Aditya Bennyahdi beserta Dandim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf. M Horison.

Ridwan Kamil mengatakan sebelum pergantian nama, usulan perbaikan ruas Jalan Cikarang-Cibarusah, acap kali didengungkan sejak tahun 2019 lalu.

“Aspirasi masyarakat di Kabupaten Bekasi untuk perbaikan dan pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah itu yang paling banyak muncul,” ungkap Ridwan Kamil di lokasi, Selasa (11/4/2023).

Namun demikian, proyek pelebaran jalan terbentur anggaran pembebasan yang sejatinya merupakan kewenangan Pemkab Bekasi.

Hingga kemudian, Ridwan Kamil menginstruksikan Dani Ramdan untuk memprioritaskan anggaran penggantian lahan sehingga proyek perluasan dan perbaikan bisa direalisasikan pada 2021 lalu.

“Duitnya (proyek pelebaran jalan) sudah ada, tapi demikian tak terserap-serap karena terkendala 16 bidang yang harus dibebaskan,” katanya.

Ia bersyukur akhirnya jalan yang tergolong sebagai jalan provinsi tersebut, akhirnya rampung dikerjakan di tahun ini.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan penyematan nama KH R Mamun Nawawi yang merupakan tokoh ulama asal Cibarusah, merupakan bentuk upaya agar sosok pejuang tersebut, bisa diajukan ke Kementerian Sosial agar diakui menjadi pahlawan nasional.

“Ada pelebaran jalan dan perubahan namanya, mudah-mudahan juga menjadi pendorong agar KH Ma’mun Nawawi diakui menjadi pahlawan nasional,” tutur Dani.

Perbaikan Jalan KH R Ma’mun Nawawi ruas Cibarusah-Mekarmukti, dilakukan di sepanjang 2,3 kilometer sejak 2021 lalu. Ada pun pembiayaan proyek berasal dari APBD Pemprov Jawa Barat yang menelan anggaran mencapai Rp17 miliar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup