3 Orang Personel Band Metal Asal Garut Ini Bakal Tampil Event Internasional “Wacken Open Air 2022”

Foto/dok : @voiceofbaceprot

JAKARTA – 3 Personil gadis remaja Band Metal Indonesia Voice of Baceprot akan tampil di ajang festival musik Wacken Open Air 2022 yang rencananya digelar pada 4-6 Agustus tahun depan.

Diketahui Wacken Open Air adalah festival musik heavy metal yang diadakan setiap tahun sejak 1990 pada akhir pekan pertama bulan Agustus di desa Wacken di Schleswig-Holstein, Jerman. Hampir semua gaya hard rock dan metal terwakili. 

3 Orang Personel Band Metal Asal Garut Ini Bakal Tampil Event Internasional “Wacken Open Air 2022”

Berbangga band asal garut itu bersanding dengan band besar internasional, seperti SlipKnot, Judas Priest, serta Limp Bizkit dalam deretan pengisi acaranya.

“Selamat datang di Wacken Open Air 2022 @voiceofbaceprot,” tulis akun Instagram resmi Wacken Open Air.

https://www.instagram.com/p/CQigH37K5tN/?utm_medium=copy_link
https://www.instagram.com/p/CQYFSxHh00o/?utm_medium=copy_link
akun instagram @adminvoiceofbaceprot

Sebelumnya, band yang beranggotakan Firda Kurnia (vokal/gitar), Euis Siti Aisah (drum), dan Widi Rahmawati (bas) sempat mengatakan bahwa tampil di festival Wacken Open Air adalah salah satu mimpi mereka.

“Kami sangat tertarik tampil di luar negeri. Kami ingin banget tampil di Wacken Open Air,” ujar Siti, dikutip dari CNNIndonesia, 2018 silam.

Wacken Open Air merupakan salah satu festival musik hard rock dan heavy metal terbesar di dunia yang digelar di Jerman tiap akhir pekan pertama Agustus sejak 1990.

Voice of Baceprot ramai diperbincangkan sejak viral di media sosial awal 2017 lalu. Mereka disebut unik. Berhijab, namun tergabung dalam band beraliran musik metal.

Mereka dipertemukan di sekolah yang sama. Belajar agama sejak SD, lalu membentuk Voice of Baceprot ketika bersama-sama sekolah di Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatussolihat.

Saat mulai dikenal, masing-masing anggota mengaku sempat takut bermusik lantaran menerima banyak hujatan dan komentar pedas, salah satunya karena penampilan mereka yang berhijab namun bermain musik metal.

Perasaan itu mulai hilang karena band asal Garut itu dibimbing oleh Cep Ersa Ekasusila Satia yang akrab disapa Abah. Kata Firda, Abah menenangkan dengan meyakinkan mereka bahwa tidak ada yang salah dengan Muslim dengan musik metal.

Muslim itu tidak marah [seperti netizen], kami sebagai Muslim bisa berkarya dengan merdeka. Muslim identitas kita dan bukan halangan berkarya,” ujar Firda yang dilansir asumsi.

Melalui musik Voice of Baceprot, mereka ingin mengubah stigma negatif terhadap musik metal, mereka ingin menampilkan metal yang positif. The other side of metalism, istilah mereka. 3 Orang Personel Band Metal Asal Garut Ini Bakal Tampil Event Internasional “Wacken Open Air 2022”

Editor : Ardi Priana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup