Perserikatan Bangsa Bangsa Galang Donasi Sebesar Rp 2,3 triliun

Satu keluarga berjalan menerobos banjir yang terjadi setelah hujan deras mengguyur Jaffarabad, sebuah distrik di Provinsi Baluchistan, Pakistan pada Rabu, 24 Agustus 2022. Hujan telah memicu terjadinya banjir bandang dan menyebabkan kerusakan di banyak wilayah Pakistan sejak Juni. (Sumber: AP Photo/Zahid Hussain)

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) galang donasi sebesar Rp 2,3 triliun untuk membantu warga Pakistan yang dilanda banjir bandang ektrem.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Asim Iftikhar dalam keterangan persnya pada Sabtu 27 Agustus 2022 mengatakan bahwa, galang dana cepat PBB akan diluncurkan secara bersamaan dari Jenewa dan pada 30 Agustus mendatang.

Menurut kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), dalam dua minggu terakhir 218 ribu rumah hancur total, 458 ribu rumah rusak, dan 2 juta hektar tanaman terkena dampak. Sementara 794 ribu ternak hilang, 937 ekor kematian, dan 1.343 terluka.

“Situasi kemanusiaan semakin memburuk. Beberapa provinsi dan 116 kabupaten terkena dampak setelah ditimpa curah hujan nasional yang lima kali lipat lebih tinggi dari rata-rata selama 30 tahun,” jelas laporan tersebut, dikutip dari RMOL, Senin 29 Agustus 20022.

Selain PBB, sejumlah negara juga berusaha mengulurkan tangan pada Pakistan. Pemimpin dunia, termasuk dari Turki, Iran, dan Uni Emirat Arab (UEA) telah menyampaikan simpati dan dukungannya pada Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup