Kadin Gelar Sosialisasi Dekarbonasi Upaya Implentasi NDC

Kadin gelar FGD untuk sosialisasi dekarbonasi. Foto: dok Kadin

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menggelar sosialisasi dekarbonasi untuk menciptakan kolaborasi lintas sektor dalam upaya akselerasi penurunan emisi karbon Indonesia.

Upaya tersebut merupakan wujud implementasi National Determined Contribution (NDC) atau penurunan emisi karbon menjadi 29 persen dalam skema Bussines as Usual dan 41 persen dengan bantuan dunia internasional.

Untuk itu, Kadin membentuk Net Zero Hub sebagai wadah fasilitasi bagi anggota Kadin dalam mewujudkan Net Zero Emission.

Selain itu, Kadin juga membuat Regenerative Forest Business Sub- Hub yang memungkinkan pelaku multiusaha sektor kehutanan untuk memiliki dampak yang lebih luas bagi sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Sosialisasi dekarbonasi yang digelar melalui focus group discussion (FFD) itu dibuka langsung oleh Wakil Ketua Umum Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadin Indonesia Silverius Oscar Unggul.

“Terciptanya sinergitas antara suistanibility dan climate change, antara para pemangku kepentingan nasional, terciptanya net zero hub dan regenerative forest business sub-hub sebagai upaya edukasi bagi para pelaku multi usaha kehutanan dapat menciptakan kesiapan implementasi ke depannya,” kata Silverius, Rabu (3/8/2022).

Dia berharap sosialisasi dekarbonasi untuk ini menghasilkan kolaborasi antarpihak, khususnya para pelaku bisnis dalam upaya penurunan emisi karbon Indonesia.

Sosialisasi ini, lanjut kata dia, merupakan bentuk fasilitas pengetahuan dan kesiapan implementasi penurunan karbon bagi anggota Kadin.

Acara tersebut diikuti oleh Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadin Indonesia, Bidang Perindustrian Kadin Indonesia, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementeriaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Kebijakan Fiskal Kementeriaan Keuangan, PT. BKI (Persero), dan Fungsionaris Kadin lainnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tutup